5 Aplikasi Penghemat Baterai Android Paling Efektif


Aplikasi Penghemat Baterai Android Paling Efektif – Borosnya baterai biasanya bikin kita jengkel, apalagi saat bepergian jauh tanpa bekal power bank. Karena itu, aplikasi penghemat baterai banyak diminati oleh pengguna android. Dari sekian banyak aplikasi penghemat baterai, telah kita pilihkan 5 aplikasi penghemat baterai yang paling efektif.

1.    Greenify

androidheadlines.com

Dengan kemampuan menghemat baterai android secara efektif, Greenify disebut sebagai salah satu aplikasi terbaik soal penghematan baterai. Aplikasi ini pernah menyandang Top 1 Utility Best Android App versi situs Lifehacker, dan tiga besar Best Root App versi Android Authority.

Jika aplikasi lain harus mematikan aplikasi untuk menghemat baterai, Greenify berbeda karena cara kerjanya cukup memasukkan aplikasi dalam mode hibernasi. Cara kerja ini lebih efektif, sebab “membangunkan” aplikasi yang berhibernasi lebih membutuhkan sedikit daya baterai ketimbang menghidupkan aplikasi dari awal.

Bagi pengguna Android Marsmallow yang sudah memiliki sistem penghemat baterai  doze, Greenify akan lebih memaksimalkan doze dalam penghematan baterai. Sayangnya aplikasi ini membutuhkan akses root pada androidmu, sebab Greenify harus merubah pola berjalannya aplikasi dari sistem.

2.    Amplify

forum.xda-developers.com

Ini adalah pilihan cerdas buat kamu yang ingin menghemat baterai android secara efektif. Amplify menghadirkan ragam fitur agar kamu bisa mengkontrol penuh pemakaian baterai android. Salah satunya kontrol terhadap aplikasi yang dianggap menyedot baterai terlalu banyak.

Ada juga fitur wake locks yang bisa memberikan informasi tentang usia baterai, dan aplikasi mana yang paling banyak memakan usia baterai. Walaupun banyak pilihan menu, tapi desain yang rapi membuat pengoperasiannya lebih mudah. Sama seperti Greenify, Amplify juga butuh akses root. Memang biasanya aplikasi root ini lebih efektif dalam menghemat baterai, dan hasilnya juga nyata.

3.    Battery Optimizer

mcafee.com

Jika ada yang mengeluh karena dari tadi hanya aplikasi yang butuh root saja, kali ini gilirannya aplikasi penghemat baterai terbaik yang tidak butuh akses root, yakni Battery Optimizer. Aplikasi besutan McAfee langsung jadi popular begitu rilis di Play Store. Maklum saja, McAfee atau Intel Security sudah familier lebih dulu di perangkat PC.

Terbaik tak cukup mengandalkan nama besar, Battery Optimizer juga punya fitur andalan untuk menghemat baterai. Salah satunya teknologi  McAfee GTI yang mampu mengidentifikasi aplikasi boros baterai, dan secara cerdas tahu mana aplikasi yang perlu ditutup.

Informasi tentang kondisi baterai, perpanjangan waktu penggunaan baterai, dan juga konsumsi baterai ditampilkan secara real time dan akurat. Pada versi terbaru, Battery Optimizer ditambahkan fitur pembersih RAM, file sampah, dan cache untuk untuk mempercepat android.

4.    Avast Battery Saver

getjar.com

Dari namanya banyak dari kita yang tak asing dengan aplikasi ini. Ya, avast adalah aplikasi anti-virus yang terkenal di dunia PC. Melebarkan sayapnya, kini avast menghadirkan aplikasi penghemat baterai terbaik. Aplikasi popular yang sudah diunduh lebih dari 10 juta kali ini dianggap bisa menghemat baterai sampai 20%.

Cukup menekan menu Stop Apps, Avast akan menjadikan baterai lebih hemat dengan mematikan aplikasi yang boros baterai. Fitur estimasi energi adaptif juga bisa menghitung lamanya baterai bertahan dengan akurat. Dengan 5 pilihan profil, kamu bisa merencanakan konsumsi daya yang sesuai dengan aktivitas dan waktu yang pas untuk pengisian.

5.    Snapdragon Battery Guru

phandroid.com

Di antara semua aplikasi, ini aplikasi penghemat baterai yang paling cerdas, karena bisa menyesuaikan dengan kebiasaan pemilik masing-masing. Cara kerjanya adalah dengan mengidentifikasi pola konsumsi baterai kita selama 3-4 hari, kemudian secara otomatis Snapdragon Battery Guru akan menyesuaikan beberapa aplikasi yang dianggap menyerap baterai paling banyak.

Usai sudah ulasan tentang 5 aplikasi penghemat baterai android terbaik saat ini. Semoga dapat membantu kamu agar lebih optimal menjalankan android untuk keseharian.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

5 Aplikasi Penghemat Baterai Android Paling Efektif

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Open List
Ranked List
Meme
Video
Audio
Image