5 Alternatif Buka Usaha Buat Anak Muda. Modal Kecil dan Minim Resiko!


4-bisnis-alternatif-untuk-anak-muda
ide bisnis anak muda via Nuovoabitare2.0.com

Kadang, kamu pun merasa bosan dengan rutinitas ini-itu. Awal bulan, foya-foya. Akhir bulan, tak berdaya. Siklus yang nggak asing di keseharian anak muda urban. Daripada menderita terus, kenapa nggak mau coba buka usaha buat anak muda?

Nggak ada ruginya untuk buka usaha. Toh, banyak pengusaha sukses di Indonesia yang usianya masih muda, bukan? Memulainya pun nggak susah-susah amat. Kali ini, penulis bakal suguhkan, alternatif buat kamu yang ingin buka usaha dengan modal kecil.

1. Daripada terus-terusan memendam ilmu sendiri, mending diterapkan buat jadi tutor bimbel mandiri

Pintar pun nggak baik jika terus dipendam, dan nggak disalurkan. Daripada gitu, mending sekarang kamu mulai buka bimbel mandiri. Nggak perlu dimulai dengan buka bangunan bimbel sendiri, tetapi bisa kamu mulai dengan menjadi bimbel privat.

Kamu bisa menawarkan biasa bimbel 50-100 ribu per jam. Target konsumen bisa anak-anak SD, SMP, hingga SMA. Yang jelas, kamu harus menguasai betul konsep dasar pelajaran mereka. Baik itu sains atau sosial, semuanya haruslah kamu kuasai betul.

Kamu juga punya tanggung jawab untuk memastikan klien kamu merasa puas. Juga, murid yang kamu mentori menjadi lebih baik dalam akademisnya. Nilai raport-nya naik, atau bahkan rangking-nya naik. Ini akan menjadi poin plus tersendiri.

Baca Juga : 4 Bisnis Sampingan untuk Anak Sekolahan

2. Buatmu yang hobi berkoneksi, ubah kesenangan bergaulmu jadi pundi rupiah lewat event organizer

Khusus buat kamu yang suka berkoneksi dengan teman-teman mahasiswa, atau dari kalangan lain. Suka bergaul, menandakan kamu punya koneksi yang luas. Kamu pun dengan mudah menjaring banyak orang untuk dikumpulkan ke sebuah acara.

Daripada nongkrong nggak jelas sana-sini, mending kemampuanmu dalam bergaul kamu manfaatkan menjadi ladang pundi rupiah. Dengan menjadi event organizer, kamu bisa menawarkan kepada mereka yang ingin membuat sebuah event.

Kamu tawarkan mulai dari konsep acaranya hingga publikasinya, agar orang-orang banyak yang datang di event tersebut. Imbalan untuk jasamu ini, biasanya juga nggak sedikit. Berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Baca Juga : 3 Tips Meningkatkan Penjualan Toko Online

3. Kreativitasmu tak boleh didiamkan. Menjadi jasa penulis CV memang unik dan harus diterapkan

Yang ada saat ini, ialah jasa penulis artikel. Ini sudah banyak saingannya, pun, permintaannya juga tak sebanyak penyedia jasa. Karena itu, kamu bisa menjajal peluang baru, yakni jasa penulis CV/resume.

Targetmu adalah mereka yang ingin apply pekerjaan baru, biasanya mahasiswa tingkat akhir. Gunakan kreativitas dan kemampuanmu mengolah kata dengan ringkas namun mewakili seluruh isi.

Kalau jago desain, bisa kamu otak-atik dengan menambahkan aksen desain sesuai background klienmu. Biasanya, jasa penulis CV berkisar antara 100-150 ribu per proyek.

Baca Juga : Belajar Sukses dari Bos Avon, Dari Seorang Penjual Buku Biasa Hingga Menjadi Bos Perusahaan Kosmetik Dunia

4. Jasa pembersih rumah/kost, bisa jadi alternatifmu kala bosan bersih-bersih kost milik sendiri

Bersih-bersih rumah atau kamar kost, sudah jadi kebiasaanmu tiap pagi dan sore hari. Kecuali kalau kamu termasuk dalam golongan mahasiswa dan mahasiswa malas membersihkan kamar kost sendiri. Tapi semoga, kamu nggak termasuk ke dalamnya.

Selain menjadikan ruang bersih dan enak dipandang, juga bisa menjadikan tubuhmu sehat. Beberapa gerakan bersih-bersih ternyata melatih otot dan bisa melancarkan aliran darah. Karena itu, bolehlah kamu coba buka usaha jasa pembersih rumah/kost.

Dimulai dengan menawarkan pada teman-temanmu, kemudian lanjut ke orangtua teman-temanmu yang ada di kota kamu belajar. Berikan tarif 50-100 ribu per jam, itu sudah lebih dari cukup untuk menambah uang saku tiap bulanmu.

5. Baby sitter membuatmu lebih dekat dengan anak-anak. Selain bikin hati sumringah, juga menghasilkan pundi rupiah

Kali ini, buat kamu yang senang bercanda ria dengan anak-anak kecil. Kondisi di kota-kota besar sekarang ini, banyak orang tua terutama ibu, yang juga sibuk bekerja. Apalagi bagi keluarga baru, biasanya kedua orangtua-nya disibukkan dengan aktivitas kerja.

Karena itu, kamu bisa manfaatkan kondisi ini menjadi sebuah peluang bisnis. Buat kamu yang mahir merawat anak balita, bisa menjadi seorang baby sitter dengan bayar per jam. Biasanya berkisar antara 50-200 ribu per jam.

Nah, itulah beberapa alternatif buka usaha buat anak muda. Moga-moga, kamu jadi makin berpikiran terbuka, bahwa setiap kondisi di sekitar kita bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Tanpa harus susah-payah bekerja di bawah tekanan.

What's Your Reaction?
Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
1
Cute
Fail Fail
1
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
1
Lol
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win
WTF WTF
0
WTF

Bukan siapa-siapa.

5 Alternatif Buka Usaha Buat Anak Muda. Modal Kecil dan Minim Resiko!

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in