4 Negara dengan Kualitas Pendidikan Terbaik di Dunia


Negara dengan Kualitas Pendidikan Terbaik – Pendidikan merupakan parameter kemajuan suatu bangsa. Ini artinya kualitas pendidikan menentukan kemajuan yang dicapai sebuah negara. Generasi terbaik dalam negara dihasilkan dari sistem pendidikan yang berkualitas. Lalu negara mana saja yang termasuk sebagai negara dengan kualitas pendidikan terbaik di Dunia?

Negara dengan Kualitas Pendidikan Terbaik di Dunia
Image via worldview.unc.edu

Berikut 3 Negara dengan Kualitas Pendidikan Terbaik

1. Finlandia.

Keberhasilan sistem pendidikan di sebuah negara dipengaruhi oleh kualitas gurunya. Itulah salah satu kebijakan yang yang diterapkan oleh Finlandia sehingga menjadikan Finlandia sebagai negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di benua Eropa bahkan di dunia. Hal yang paling mengagumkan dari Finlandia adalah pola atau model belajar yang tidak terlalu ketat sebagaimana di Indonesia. Tidak ada ujian nasional yang membuat siswa stres dan merasa tertekan sampai ditiadakannya seragam. Suasana pendidikan di sana memang relatif informal dan santai.  Selain itu, setiap anak di sana mendapatkan biaya pendidikan gratis. Salah satu kunci kesuksesan Finlandia dalam bidang pendidikan adalah menanamkan kecintaan membaca sejak dini pada anak-anak.

Baca Juga : Jam Belajar Cuma Sedikit Pendidikan di Finlandia Justru Maju, Ini Rahasianya

2. Kanada

Bukan Amerika saja yang menjadi daya tarik mahasiswa Internasioanl untuk melanjutkan studi di luar negeri. Kanada ternyata juga menjadi negara primadona bagi banya mahasiswa termasuk pelajar dari Indonesia untuk meneruskan pendidikannya. Kanada sangat serius membangun pendidikan di negaranya. Hal itu terbukti banyaknya anggaran yang dikucurkan untuk pendidikan. Bukan hanya itu, kepiawaian Kanada  menjaga stabilitas politik di sana layak mendapatkan apresiasi. Bahkan PBB sebagai organisasi tertinggi di dunia memberikan peringkat tertinggi pada Kanada dalam hal keamanan. Meskipun biaya pendidikannya tidak gratis, namun biaya hidup yang dibutuhkan di negeri ini relatif terjangkau. Keseriusan Kanada memajukan pendidikan juga tampak dari kebijakannya agar setiap daerah bertanggung jawab atas sistem pendidikan masing-masing.

3. Selandia Baru.

Meskipun tak sehebat Finlandia dalam hal kualitas pendidikan, Selandia Baru harus tetap dimasukan dalam daftar negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik. Pasalnya negara ini mampu masuk dalam 10 besar peringkat PISA pada tahun 2009 silam. Sedangkan Human Development Index atau Indeks Pembangunan Manusia dari PBB mengakui kemajuan pendidikan di Selandia Baru sejajar dengan negara-negara lainnya seperti Finlandia, Australia dan Denmark. Kunci kesuksesan Selandia Baru ini tidak luput dari program wajib belajar yang digratiskan kepada anak usia 6-16 tahun.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

4 Negara dengan Kualitas Pendidikan Terbaik di Dunia

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in