4 Mitos Seputar Diet dan Tubuh yang Harus Dihindari


Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan indah, banyak orang rela melakukan berbagai cara demi menurunkan berat tubuhnya. Tapi hati-hati, tidak semua yang dilakukan tersebut benar bahkan hanya sekedar mitos saja. Berikut 4 Mitos Seputar Diet dan Tubuh yang Harus Dihindari.

1. Berat badan adalah yang terpenting

Hampir semua orang menganggap bahwa berat badan merupakan yang terpenting dalam kesehatan. Benarkah demikian? Tidak sama sekali! Yang paling penting bukan berat badannya tetapi komposisi dari tubuh seseorang dan massa otot. Massa otot yang padat jauh lebih penting daripada berat badan itu sendiri.  Misalnya seseorang memiliki berat  54 kg. Sebenarnya itu bukan masalah jika massa otot yang dimiliki memang besar.

2. Diet ekstrim akan memberikan hasil yang memuaskan

Banyaknya orang yang berhasil menerapkan diet ekstrim membuat sebagian orang yang lain berpikir kalau diet ekstrim baik dilakukan demi hasil terbaik. Kenyataannya tidak seperti itu. Diet ekstrim malah akan membuat kesehatan memburuk dan hasil yang diidambakan justru tidak bisa diperoleh.  Mendapatkan berat badan yang ideal memerlukan waktu, komitemen, dan kerja keras. Sejatinya tidak ada diet yang bisa menampakkan hasil dalam waktu yang singkat.

JESHOOTS / Pixabay
JESHOOTS / Pixabay

3.  Tekuni satu jenis olahraga sudah cukup

Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah terlalu mendalami satu jenis olahraga dan mengabaikan olahraga lainnya. Hal ini justru memicu terjadinya cedera yang parah. Pilihlah satu jenis olahraga yang bisa melatih kekuatan, kardio dan kelincahan gerak.  Mungkin banyak yang mengira bahwa kardio adalah jenis latihan terbaik yang mesti dilakukan untuk membakar lemak. Faktanya, melakukan olahraga yang berintensitas tinggi lebih efektif mengurangi berat badan dan membakar lemak. 30 menit melakukannya jauh lebih bermanfaat daripada latihan kardio.

4. Boleh makan apa saja tanpa perlu menghitung kalori selagi diimbangi dengan kerja keras

Entah darimana pendapat ini berasal. Orang-orang sering mengira kalau sedang menjalani pekerjaan yang membutuhkan tenaga ekstra, mereka bisa makan apapun yang diinginkan tanpa perlu mengkhawatirkan berat badan. Karena pekerjaan yang ekstra keras akan membuat tubuh tidak mudah gemuk. Pendapat tersebut salah total. Kerja hanya memberikan pengaruh pada berat badan sebesar 30% sedangkan makanan yang tepat  berkontribusi 70% dalam menurunkan berat badan. Ingatlah baik-baik hal tersebut. Supaya mendapatkan berat badan yang ideal, hitunglah kalori dalam makanan yang akan dikonsumsi. Jangan sampai lebih dari yang diperlukan badan.

What's Your Reaction?

Keren Keren
1
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
4
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
1
Suka
Biasa aja Biasa aja
1
Biasa aja

4 Mitos Seputar Diet dan Tubuh yang Harus Dihindari

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in