4 Cara Agar Mudah Mengingat Materi Pelajaran


Cara Agar Mudah Mengingat Materi Pelajaran – Sudah baca buku berulang kali tetapi materi pelajaran tidak kunjung dipahami? sepertinya kamu harus menemukan cara terbaik agar mudah dalam mengingat materi pelajaran sekolah. Kalau tidak, kemungkinan kamu akan gagal menghadapi ujian. Agar mudah mengingat ateri pelajaran, mungkin empat cara ini wajib untuk kamu pertimbangkan.

Cara Agar Mudah Mengingat Materi Pelajaran

Berikut 4 Cara Agar Mudah Mengingat Materi Pelajaran

1. Menghapalah saat kondisi tubuh sedang fit dan tidak sakit

Ketika ingin mengingat materi yang sulit dipelajari dan dihafal, pastikan terlebih dahulu fisikmu sedang dalam kondisi prima. Moodmu pun harus sedang bagus dan siap menghafal. Mengingat bukan proses yang mudah karena sama saja dengan memasukkan sesuatu yang baru ke dalam pikiran kita. Jika mood sedang buruk dan kondisi tubuh sedang drop, belajar mengingat akan lebih sulit untuk dilakukan. Jika sedang sakit minumlah obat agar tubuhmu terasa lebih baik atau lakukan beberapa hal yang membuat moodmu kembali bagus seperti mendengarkan musik, menggambar, meminum jus dan sebagainya.

2. Pilih tempat yang menurutmu paling nyaman

Setiap orang punya definisi “tempat nyaman” yang berbeda. Ada yang mengatakan kalau tempat yang nyaman itu seperti di kafe karena ada alunan musik yang menemani. Ada pula yang bilang kalau perpustakaan itu tempat terbaik untuk belajar dan mengingat sesuatu karena hening dan tidak banyak suara berisik sehingga lebih bisa berkonsentrasi. di manapun tempat yang akan kamu pilih, sebaiknya pilihlah yang menurutmu paling nyaman karena standar “nyaman” setiap orang berbeda-beda. Kalau sudah merasa nyaman, kegiatan menghafal bisa dengan mudah dilakukan.

3. Ketahui apa saja yang harus dihafal

Banyak orang yang ingin menghafal dan mengasah kemampuan memorinya tetapi tidak tahu apa saja yang perlu dihafalkan. Karena tidak semua yang dipelajari bisa diingat, sebaiknya kamu lebih selektif dalam memilih materi yang akan dihafal. Dalam sebuah materi, tidak semuanya harus diingat. Bahkan mungkin hanya butuh beberapa persen saja yang harus benar-benar dimasukkan dalam memori. Supaya tidak membuang waktu belajar dan memori segera terisi, catatlah apa saja yang penting. Itulah yang perlu dihafalkan dengan baik.

4. Catat poin-poin penting dan tulis kembali apa yang sudah diingat

Setelah mendapatkan hal-hal yang perlu diingat, jangan lupa mencatat. Dengan catatan berupa poin-poin, seseorang cenderung lebih mudah menghafal. Sebaiknya catatan dibuat pendek-pendek saja agar tidak jenuh ketika mengingat kembali. Setelah itu, tuliskan lagi materi yang sudah diingat dan dipelajari tanpa membuka buku atau catatan. Menulis kembali ternyata cukup efektif untuk mempertajam memori seseorang.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
1
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

4 Cara Agar Mudah Mengingat Materi Pelajaran

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Open List
Ranked List
Meme
Video
Audio
Image