3 Negara Favorit yang Menjadi Tujuan Kuliah


Selain kualitas pendidikan yang lebih baik, kuliah di luar negeripun dipandang prestisius dan bergengsi. Lulusan luar negeri juga banyak di lirik oleh perusahaan untuk bekerja di tempat mereka. Nah, sebenarnya negara mana saja yang menjadi favorit siswa indonesia untuk melanjutkan kuliah? Yuk, kita simak bareng-bareng.

Negara Favorit yang Menjadi Tujuan Kuliah
nikolayhg / Pixabay

3 Negara Favorit yang Menjadi Tujuan Kuliah

1. Jerman

Jerman merupakan salah satu negara yang menjadi favorit bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studinya di Eropa. Jerman memiliki banyak keunggulan sebagai negara tujuan bagi mahasiswa internasional. Keunggulan itu antara lain biaya hidup dan biaya pendidikan yang relatif terjangkau. Mayoritas kampus atau sekolah yang ada di Jerman merupakan milik pemerintah sehingga banyak bantuan dana yang diperoleh. Bahkan ada salah satu perguruan tinggi yang menggratiskan biaya bagi mahasiswanya. Buat kamu yang ingin kuliah di sini tetapi belum begitu fasih berbahasa Jerman, jangan khawatir karena sejumlah universitas di Jerman menawarkan kursus singkat 2 bulan yang menjamin pesertanya bisa lancar berbicara dalam bahasa Jerman. Biaya hidup di sini bisa diatasi dengan bekerja paruh waktu.

2. Amerika Serikat

AS merupakan negara super power yang  memiliki banyak universitas yang maju. Sejumlah tokoh ternama tercatat pernah mengenyam pendidikan di negeri Paman Sam ini.  Beberapa universitas kebanggan dunia adalah Harvard dan Yale. Mungkin beberapa alasan itulah yang menjadi motivasi para mahasiswa internasional memilih berkuliah di sini. Sistem pendidikan di Amerika sangat jauh berbeda dengan di Indonesia. Sistem perkuliahan yang lebih mengutamakan diskusi dan komunikasi dengan para dosen sudah sangat membumi dan banyak menghasilkan beberapa gagasan yang sangat cemerlang.  Menjadi salah satu tujuan paling populer bagi mahasiswa asing, AS memberikan kemudahan pengurusan visa bagi para mahasiswa internasional.

3. Australia

Berikutnya adalah negeri kangguru yang menjadi negara tujuan favorit bagi mahasiswa Indonesia. Mayoritas universitas di Aussie memberikan kebebasan bagi mahasiswa internasional untuk bekerja paruh waktu selama kuliah atau full time selama liburan kuliah. Tidak hanya itu, bahkan mahasiswa asing bahkan dibantu untuk mendapatkan pekerjaan part time.  Inilah yang menjadi alasan bagi mahasiswa dari negara lain senang mengenyam pendidikan di sini. Biaya hidup bagi mahasiswa pun relatif terjangkau dibandingkan negara-negara maju lainnya seperti Amerika Serikat atau Inggris.  Tidak hanya soal biaya, sistem pendidikannya pun termasuk unik dimana universitas lebih banyak menuntut mahasiswanya untuk belajar mandiri dan kreatif.

Disamping 3 negara di atas, Singapura, Inggris, Jepang, Malaysia, dan Mesir merupaan negara favorit yang menjadi tujuan kuliah para pelajar dari Indonesia.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

3 Negara Favorit yang Menjadi Tujuan Kuliah

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in