3 Langkah Sukses Branding yang Mesti Dicoba


3 Langkah Sukses Branding – Dalam menjalankan bisnis, branding sangat dibutuhkan. Tujuannya untuk membedakan suatu bisnis dengan bisnis yang lain. Meskipun terlihat simple, branding ini bukan sesuatu yang mudah. Dibutuhkan kreatifitas dan cara berpikir yang “out of the box”.  Berikut ini langkah sukses branding yang patut anda coba:

Brand Concept Blackboard

1. Be different

Jadilah berbeda dengan yang sudah ada. Ini sangat penting untuk  merebut perhatian para calon konsumen.  Tampil beda dari beberapa pesaing akan membuat bisnis terlihat menarik di mata orang lain. Untuk menjadi berbeda sebenarnya bukan hal yang sulit. Hanya dibutuhkan kejelian dan sedikit kreatifitas. Perhatikanlah beberapa teknik branding yang sudah terlebih dahulu diterapkan lalu sedikit modifikasi dan jadilah hal yang berbeda.  Tapi dengan mengambil langkah ini bukan berarti tanpa konsekuensi.  Dengan menjadikan bisnis anda “unik”, maka anda harus bersiap untuk dicibir dan mendapatkan kritikan. Jika anda berhasil bertahan dan menerima semuanya, maka lambat laun akan ada sekelompok orang yang datang dan menunjukan minatnya pada bisnis anda tersebut. Beberapa pebisnis kelas dunia seringkali menggunakan cara-cara ekstrem yang cukup kontroversial.  Tetapi itulah yang menjadi titik balik kesuksesan bisnis yang mereka bangun. Berada pada level “aman” tidak akan membuat bisnis cepat melesat.

2. Jaga Posisi Branding

Setelah menciptakan teknik branding, jangan lupa untuk mempertahankannya. Selalu fokus dan konsisten memakai cara branding tersebut sampai benar-benar sukses dan menempati posisi tertentu. Sekali anda menerapkannya, pertahankan hingga dikenal sebagai branding dari jenis produk tertentu.  Inilah yang membedakan branding yang sukses dengan yang tidak sukses. Kebanyakan pebisnis handal menjaga posisi brandingnya hingga  mencapai target yang telah ditentukan.

3. Transparan

Cara ini dihindari oleh mayoritas pengusaha karena takut banyak pesaing yang melihat kelemahan bisnisnya. Tetapi banyak pengusaha sukses yang berpikir berbeda.  Tranparansi menjadi salah satu senjata ampuh dalam branding. Sebelum pelanggan menaruh kepercayaan pada bisnis yang dirintis, pengusaha harus berani  terbuka kepada publik termasuk menjelaskan bagaimana kondisi sesungguhnya dari bisnis yang mereka jalankan. Dengan demikian, tidak ada yang ditutup-tutupi.  Bahkan dalam beberapa kesempatan dimana perusahaan sedang menghadapi kesulitan, banyak pihak yang siap membantu karena perusahaan berani transparan.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
1
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
3
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

3 Langkah Sukses Branding yang Mesti Dicoba

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in