3 Kiat Ampuh Agar Skripsi Cepat Selesai


Masalah yang banyak dialami oleh mahasiswa tingkat akhir biasanya malas dalam menyelesaikan skripsi. Sebenarnya itu bisa diatasi kalau kamu memiliki tekad, semangat dan perencanaan yang matang. Tentu kamu gak mau kan kuliah jadi lebih lama karena skripsi yang mandek. Nah apa saja kiat ampuh agar skripsi cepat selesai selain tekad yang kuat dan semangat. Simak 3 kiat ambuh berikut ini

Kiat Ampuh Agar Skripsi Cepat Selesai

3 Kiat Ampuh Agar Skripsi Cepat Selesai 

1. Kurangi kegiatan yang kurang bermanfaat dan prioritaskan skripsimu

Salah satu penyebab  klasik  para mahasiswa yang tak kunjung bisa menyelesaikan skripsinya adalah terlalu banyak membuang waktu untuk kegiatan yang tak penting. Saat jadwal kuliah sudah mulai longgar di semester akhir, mereka justru kebanyakan melakukan hal-hal yang tidak berguna seperti main game, nongkrong atau masih sibuk berorganisasi. Pekerjaan dan masa depan sudah menunggu. Jangan sibukkan diri untuk aktivitas yang tak membantu menyelesaikan skripsi. Lebih baik, alokasikan sebagian besar waktu  untuk menyicil  bab satu sampai bab empat prosposal skripsimu. Semakin banyak waktu untuk mengerjakan skripsi, semakin besar pula kemungkinanmu untuk menyelesaikannya. Jadi jangan sia-siakan waktu lagi ya.

Baca Juga : 5 Kesalahan Umum Penyusunan Skripsi dan Cara Mengatasinya

2. “Bersahabat” dengan Dosen

Kunci keberhasilan skripsi terletak pada dosen baik dosen pembimbing maupun dosen penguji.  Tunjukkanlah attitude yang baik di hadapan mereka. Gunakan pakaian yang bersih, rapi dan sopan saat akan menjalani  bimbingan dengan mereka.  Saat dosen mengkritik satu atau beberapa bagian dari skripsimu, jangan membantah. Buatlah mereka yakin kalau kamu menerima usulan mereka dengan lapang dada dan kamu siap merevisi bagian tersebut.  Biasanya, kalau kamu menunjukan sikap seperti itu, mereka kan luluh dan mempercepat ujian skripsimu. Jangan lupa juga untuk memberikan “sesuatu” seperti buah-buahan atau makanan. Bukan dengan tujuan menyuap atau menyogok. Tapi sebagai bukti kalau kamu respect dengan dosen.

Baca Juga : 10 Tips Menghadapi Dosen Pembimbing Skripsi

3. Percayalah bahwa revisi sudah menjadi hal yang biasa dan semuanya akan berakhir

Revisi dalam skripsi itu sudah sangat wajar dan memang itu menunjukan eksistensi seorang dosen. Meskipun kamu sudah mengerjakan skripsimu dengan sebaik mungkin, dosen akan memiliki penilaian yang  berbeda.  Jadi jangan sakit hati kalau kertas yang sudah kamu isi dengan paragraf-paragraf yang menurutmu berkualitas, akan dicorat-coret oleh mereka. Terima saja. Setelah itu perbaiki bagian yang dicoret tersebut. Tapi ingat, jangan semua yang dicoret kamu perbaiki. Kamu cukup memperbaiki bagian-bagian tertentu yang menjadi fokus dosenmu. Lagipula, dosen tidak akan punya cukup waktu untuk mengoreksi semuanya.  Dan yakinlah, bahwa semua revisi itu akan berakhir ketika kamu bisa menyelesaikan skripsimu.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
1
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

3 Kiat Ampuh Agar Skripsi Cepat Selesai

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Open List
Ranked List
Meme
Video
Audio
Image