10 Tips Menghadapi Dosen Pembimbing Skripsi


Bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menulis skripsi masalah paling besar yang sering dihadapi adalah dosen pembimbing, pasti akan ngerasain gimana ribetnya berhubungan dengan dosen pembimbing skripsi. Jangan kaget kalo kamu curhat soal dosen pembimbing sama teman-teman kamu kata yang keluar cuma “Sabar ya..”

10 Tips Menghadapi Dosen Pembimbing Skripsi

Nah, disini penulis akan share sedikit pengalaman bagaimana menghadapi dosen pembimbing skripsi agar skripsi cepat selesai dan tepat waktu. Mungkin tidak semua berlaku untuk kamu tapi setidaknya bisa kamu gunakan sebagai pedoman. Berikut 10 Tips Menghadapi Dosen Pembimbing Skripsi

#1. Kenali Karakter Dosen Pembimbing Yang Kamu Pilih

Nah ini sangat penting dosen yang kamu pilih harus kamu ketahui dulu sifat dan karakternya. Caranya bagaimana? Bisa ngobrol langsung sama si dosen (alias pendekatan langsung) atau kamu bisa tanya ke senior kamu yang sudah lulus yang pembimbingnya juga sama dengan kamu. Intinya dengan kamu tahu sifat dosen pembimbing kamu, kamu bisa tahu bagaimana harus bersikap di depan dosen apalagi kalau waktu jam bimbingan. Akan lebih baik kalau dosen yang kamu pilih ternyata pernah jadi dosen mata kuliah yang pernah kamu ambil. Tentu saja kamu jadi lebih mudah mendalami bagaimana karakter si dosen.

Baca juga : 5 Tipe Dosen yang Harus Mahasiswa Kenali

#2. Keep Positive Thinking

Yap kamu harus selalu berpikir positif. Siapapun dosen pembimbingmu, mau yang dosen killer abis bin super perfeksionis maupun dosen super baik hati, kamu harus tetap positifkan pikiranmu bahwa skripsimu akan lancar tanpa hambatan. Kalau kamu sudah takut duluan ini itu nanti kejadian loh >.< hii serem….

#3. Tetap Harus Selalu Semangat

SEMANGAT…!!! Yap kata ajaib yang harus selalu ada di dalam pikiran dan hati kamu saat mengerjakan skripsi. Disaat kamu sudah lesu, lemas, tidak bergairah dalam mengerjakan skripsi kamu harus selalu kobarkan semangat kamu karna dengan kamu berlama-lama tenggelam dalam masa lesumu tentu saja skripsimu ga akan pernah selesai. Biar tetap semangat selalu bayangkan betapa bangganya orang tuamu dan keluargamu kalau kamu lulus nanti. Bayangkan kamu mengenakan toga dan berfoto bersama teman atau pacar sambil menggenggam map ijazah kelulusan pasti semangatmu akan bangkit lagi.

#4. Selalu Sapa Dosen Pembimbingmu

Sapa dosen pembimbing kamu sebelum masuk ke ruangannya. Kamu bisa ucapkan selamat pagi/siang/sore pak/bu atau dengan sapaan muslim (bagi yang muslim tentunya). Tunjukkan kalau kamu juga punya etika dalam  berkomunikasi dengan orang yang lebih tua atau yang lebih dihormati. Dan tentu saja jangan hanya diruangannya saja atau saat jam bimbingan saja kamu menyapa dosen. Disaat kamu tak sengaja bertemu berpapasan di mall atau supermarket selalu sapa dosenmu dengan ramah. Setidaknya kamu tidak akan terlihat sebagai mahasiswa sombong yang hanya membutuhkan dosen pembimbing disaat butuh saja. Tentu kamu tidak ingin dinilai begitu kan?

#5. Punya Persiapan Yang Matang

Sebelum maju bimbingan usahakan kamu benar-benar sudah memiliki persiapan yang matang. Kamu tidak mau kan dinilai sebagai mahasiswa yang menyelesaikan skripsi asal-asalan. Tunjukkan antusiasmu dan persiapanmu di tiap pertemuan bimbingan.

#6. Minta Kontak Pribadi Dosen Pembimbing

Memangnya perlu? Tentu saja sangat perlu. Kamu tentu harus tau jam berapa saja dosenmu ada waktu luang dan bisa kamu temui. Kalau dosen pembimbingmu ternyata orang yang sangat super sibuk bahkan jarang memiliki waktu luang akan sangat berguna sekali kamu memiliki nomer kontak pribadi dosenmu. Minta nomor handphone, nomor telepon rumah, atau pin bbm, atau yang lainnya yang menurutmu pasti dosenmu memilikinya. Dan tentu saja saat ingin membuat janji gunakan bahasa yang sopan.

#7. Kerjakan Apa Yang Disarankan Dosen Pembimbing

Ini yang sangat penting. Kalau kamu sudah ditunjukin beberapa hal yang harus kamu revisi apalagi diberi petunjuk bagian mana saja yang harus kamu perbaiki, kerjakan. Biarpun kamu sudah print banyak tahunya harus revisi ya sudah kerjakan dan perbaiki yang salah. Yakinlah apa yang disarankan dosen pembimbing juga untuk kelancaran skripsimu kok.

#8. Percaya Diri

Pancarkan kepercayaan dirimu dihadapan Dosen. Dengan kepercayaan diri saat menampilkan apa yang sudah kamu kerjakan akan memberikan nilai tambah buat kalian karena kalian terlihat siap dan menguasai materi yang ada.

#9. Jangan Memaksa

Jangan memaksa dosen untuk bertemu bimbingan apalagi menggunakan alasan kamu sibuk. Ingatlah kamu yang harus menyesuaikan diri dengan jadwal dosenmu bukan kebalikannya. Jangan sampai kamu mendapat nilai minus dimata beliau karena sikap yang tidak baik.

#10. Bersikap Rendah Hati Dan Mau Mengakui Kesalahan Diri

Jangan ngotot apalagi keras kepala dengan pendapatmu sendiri tanpa bukti atau argumen pendukung. Ini akan mengurangi respon dosen dengan apa yang kamu sampaikan. Kalau memang kamu tidak punya bukti pendukung pendapatmu akui saja kalau kamu memang belum cukup tahu dan mengerti. Dosen akan lebih suka mahasiswa bimbingan yang mau mengakui ketidakmampuannya dan mau belajar.

Oke sekian sedikit share pengalaman selama berhadapan dengan dosen pembimbing. Semoga ada manfaat untuk teman-teman mahasiswa sekalian. Semoga cepat selesai skripsi dan lulus.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

10 Tips Menghadapi Dosen Pembimbing Skripsi

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in