10 Cara Berhenti Merokok Paling Ampuh


10 Cara Berhenti Merokok Paling Ampuh – Buat anda yang serius ingin berhenti merokok, ikutilah 10 cara ampuh ini agar Anda behasil untuk berhenti dari kebiasaan merokok.

1. Mantapkan Niat Berhenti Merokok

Segala sesuatu jika tak diawali dengan niat yang kuat dan konsisten, akan jadi goyah di tengah jalan. Mantapkan niat Anda berhenti merokok untuk kebaikan diri, keluarga, dan lingkungan Anda.

Yakini manfaat dari berhenti merokok seperti kesehatan diri dan keluarga lebih terjaga, tidak lagi pemborosan uang dengan merokok, serta yakini pula bahwa berhenti merokok adalah bagian dari ajaran agama dan ketaatan kepada Tuhan.

2. Rubah Mindset yang Salah Tentang Rokok

Merubah mindset dalam diri adalah poin penting jika ingin berhenti merokok. Selama ini banyak ‘berseliweran’ mindset keliru yang ikut tertanam dalam otak kita. Seperti merokok itu tak berbahaya, karena efek negatifnya bisa dihilangkan dengan banyak cara. Mindset lebih baik merokok ketimbang konsumsi narkoba dan miras.

Lalu anggapan bahwa merokok akan membantu perekonomian negara dan petani tembakau. Mindset kalau rokok adalah bagian dari budaya masyarakat yang perlu dijaga. Atau ada juga anggapan bahwa perokok berat itu mustahil untuk berhenti merokok. Semua mindset itu harus Anda cari jawabannya bahwa itu salah, kemudian mulailah rubah cara berpikir seperti itu.

3. Banyak membaca dan menyaksikan orang-orang yang sakit parah akibat merokok

Jika kita belum yakin betul tentang bahaya merokok bagi kesehatan, cari ribuan kisah pilu tentang orang-orang yang sakit parah karena asap rokok. Dengan begitu akan timbul kesadaran yang kuat dari diri Anda untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti kisah-kisah tersebut

4. Jika Tak Bisa Berhenti Total, Kurangi Perlahan Dengan Jadwal yang Ketat

Bukan berarti memberi toleransi pada aktivitas merokok, namun bagi perokok berat hal ini adalah yang paling realistis. Mengurangi intensitas merokok harus bermuara sampai berhenti total.

Karena itu penting untuk membuat jadwal, berapa lama waktunya, berapa jumlah rokok yang dikurangi perharinya, dan kapan waktu dimana Anda sama sekali berhenti merokok.

5. Umumkan Niatan Anda dan Minta Dukungan dari Keluarga dan Sahabat

Beritahukan ke semua bahwa Anda sedang dalam proses berhenti merokok. Minta dukungan dari mereka, sehingga mereka bisa memberi situasi yang nyaman kepada Anda. Semisal ada di antara keluarga dan sahabat yang merokok, mereka tentu akan menghindari diri kita saat akan merokok. Sedangkan keluarga dan sahabat yang tidak merokok akan memberikan motivasi yang positif agar kita mampu tidak merokok seperti mereka.

taranatureepa.co.id

6. Hindari “Ngerumpi” Bareng Perokok

Memang kebanyakan pria ketika sedang berkumpul bersama akan menjadikan rokok sebagai media mengakrabkan diri dengan orang lain. Buat Anda yang ingin berhenti merokok, tentu harus menghindari tempat berkumpul seperti ini.

Jangan terlalu percaya diri Anda bisa menahan godaan, karena bau asap rokok itu pasti akan buat candu Anda bangkit lagi. Beri pengertian kepada teman, bahwa saat ini Anda tidak bisa dekat dengan rokok, dan tak bisa berkumpul dengan mereka karena rokok.

7. Mencari Kesibukan Hingga Anda Lupa dengan Rokok

Tentu akan sulit untuk berhenti merokok jika Anda terus membayangkan tentang rokok. Untuk itu, carilah kesibukan hingga pikiran Anda teralihkan dengan aktivitas lain. Bekerja dan olahraga adalah aktivitas yang bagus untuk menghindari rokok.

Dalam penelitian, banyak melakukan aktivitas yang menggunakan tangan dianggap cara ampuh untuk menghindari kebiasaan merokok.

8. Perbanyak Konsumsi Makanan Minuman yang Bisa Mengurangi Selera Merokok

Contohnya adalah minum air putih, minum air kelapa muda, minum larutan baking soda, memakan perman dan banyak makanan dan minuman lain.

9. Perbanyak Tidur dan Istirahat

Saat Anda lelah beraktivitas seharian, langsung istirahatkan tubuh Anda agar waktu Anda terhindar dari kebiasaan merokok.

10. Konsisten!

Dari semua hal di atas, tidak ada yang lebih penting selain konsisten untuk berusaha berhenti merokok. Jangan putus semangat, jangan merasa mustahil walau usaha Anda gagal di tengah jalan. Jalani terus dan berdoa semoga Anda dimudahkan untuk melakukan kebaikan, yakni berhenti dari kebiasaan merokok.

What's Your Reaction?

Keren Keren
0
Keren
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Unik Unik
0
Unik
Suka Suka
0
Suka
Biasa aja Biasa aja
0
Biasa aja

10 Cara Berhenti Merokok Paling Ampuh

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in